Soal Konten Yang Dilarang,Whats Up Sangupi Permintaan Pemerintah Indonesia

0
204
Ilustrasi : Whatsup

pihak Tenor selaku penyedia konten GIF di aplikasi WhatsApp akhirnya menjawab notifikasi yang dikirimkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Dalam surat jawabannya tersebut, pihak Tenor mengaku telah menyiapkan teknis pencarian konten seperti yang diinginkan pemerintah Indonesia.

“Pihak Tenor sudah menjawab notifikasi kami. Mereka juga sudah menyiapkan teknis searching konten, sehingga yang diinginkan Kominfo bisa dijalankan, dan konten-konten yang dilarang pemerintah Indonesia tidak bisa lagi diakses di sini,” kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza, di Jakarta, Selasa (7/11).

Noor Iza menambahkan, saat ini tim internal dari Kementerian Kominfo terus melakukan pengujian teknis dan forensik dari perbaikan yang dilakukan oleh Tenor, sehingga nantinya konten GIF yang dihadirkan benar-benar telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, aplikasi WhatsApp ramai diperbincangkan lantaran dalam fitur GIF banyak memuat konten pornografi. Dalam menghadirkan berbagai konten di fitur GIF tersebut, WhatsApp bekerja sama dengan Tenor.

Kemkominfo melalui internet service provider (ISP) sejak Senin (6/11) juga telah melakukan pemutusan akses atau pemblokiran terhadap enam domain name system (DNS) milik Tenor, yaitu tenor.com, api.tenor.com, blog.tenor.com, qa.tenor.com, media.tenor.com, dan media1.tenor.com.

 

(red/b.Satu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here