Mengenal jenis Ikan cupang yang digandrungi sudah sejak tempo dulu

0
19

Ikan cupang menjadi salah satu ikan yang cukup digandrungi sudah sejak lama, bahkan ikan ini beberapa bulan belakangan kembali banyak dibeli. Pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang tetap berada di rumah, membuat sebagian orang kepincut untuk memelihara ikan dengan nama latin Betta Splendens, atau biasa dikenal dengan nama Betta fish ini.

Indonesia memang merupakan negara maritim yang berada di dalam kawasan laut yang sangat luas. Bahkan secara geografis, Indonesia adalah negara kepulauan dengan dua per tiga luas lautan ketimbang daratan.

Di dalam pulau-pulau itu juga terdapat juga sungai-sungai yang didiami oleh fauna air yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya ikan hias air tawar, yakni ikan cupang.

Secara umum, ikan cupang merupakan jenis ikan hias air tawar yang populasinya paling banyak berada di daratan Asia, semisal Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Jika dikelompokkan, ikan cupang terbagi atas tiga golongan, yakni ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.

Nama Indonesia pun tak lepas dari mata dunia soal ikan hias yang satu ini. Ikan cupang asli Indonesia saat ini sudah menjadi komoditas ekspor ke mancanegara. Sebut saja negara-negara tujuan seperti ke Amerika Serikat, China, Singapura, Jepang, dan Australia.

Lalu, jenis ikan cupang asli Indonesia mana saja yang dibiru para kolektor dunia? Berikut ulasannya seperti dipapar oleh Hewany dan Hipwee.

Ikan cupang Fancy

Ikan cupang jenis Fancy | Shutterstock @Ikan cupang asli Indonesia

Jenis ikan cupang Fancy merupakan ikan cupang yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ikan cupang ini memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik seperti lukisan. Tak heran jika jenis ikan cupang ini dibanderol cukup mahal.

Umumnya harga ikan cupang Fancy berkisar Rp100 ribu hingga Rp2 juta. Biasanya semakin menarik warnanya, harga ikan ini juga akan semakin mahal.

Ikan cupang Giant

Ikan cupang Jenis Giant | Shutterstock @Roselynne

Ikan cupang Giant merupakan hasil persilangan dari berbagai macam jenis ikan cupang yang memiliki bentuk badan yang lebih besar ketimbang ikan cupang lainnya. Jika dewasa, ikan cupang jenis ini bisai memiliki ukuran mencapai 10-15 cm.

Meski berasal dari Thailand, nyatanya ikan cupang ini dikembangbiakkan dengan perkawinan silang ikan cupang lokal, hingga selain memiliki tubuh yang bongsor, juga memiliki warna yang memikat mata.

Ukurannya yang besar menjadikan jenis ikan cupang ini memiliki harga yang cukup mahal, yakni berkisar Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Ikan cupang Double Tail

Ikan cupang jenis Double Tail | Shutterstock @Aksenova Natalya

Ikan cupang Double Tail juga kondang dengan julukan cupang ekor ganda, karena pada kenyatannya memang ikan cupang ini memiliki warna yang sangat mencolok melalui ekor gandanya.

Menjadi salah satu jenis ikan cupang yang dicari para kolektor, menjadi alasan karena ikan ini sangat sulit untuk dibudidayakan. Pendek kata, jenis ikan cupang cukup langka di pasaran.

Jika beruntung menemukannya dan ingin membelinya, para kolektor ikan cupang harus merogoh kocek cukup dalam, yakni Rp100 ribu untuk anakan dan Rp2 juta untuk dewasa.

Ikan cupang Slayer

Ikan cupang jenis Slayer | Shutterstock @geraldjma

Salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia adalah ikan cupang Slayer. Ikan cupang ini merupakan hasil perkawinan silang antara jenis ikan cupang Halfmoon dan jenis crown tail serit.

Karena menjadi ikan cupang khas Indonesia, ikan cupang ini cukup digemari oleh semua kalangan. Meski begitu, terkait soal warna dan tekstur sirip yang unik, ikan ini juga menjadi buruan para kolektor dunia. Harganya pun tak main-main, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp5 juta.

Ikan cupang Snakehead

Snakehead Betta yang merupakan ikan cupang endemik Sungai Mahakam, Kalimantan Timur | Shutterstock @Andrzej Zabawski

Ikan cupang Snakehead (Betta channoides) adalah jenis ikan cupang endemik yang hanya ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kategorinya masuk dalam kelompok ikan cupang liar.

Meski bukan golongan ikan cupang hias, Karena warnanya yang cukup khas dan kelangkaannya, ikan cupang yang tenar bernama Snakehead Betta ini kerap diburu para kolektor ikan cupang dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here