Segini Harga buat ‘Plat Nomor Cantik’

0
329

p

lat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya.

Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya.

Jika melihat fenomena di Indonesia, plat nomor cantik memang kerap kali dicari oleh masyarakat. Bukan hanya menjadikan kendaraannya mudah diingat oleh sekitar tapi juga disinyalir memberikan keberuntungan sendiri bagi pemiliknya.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB), biaya pemasangan plat nomor cantik mobil terbilang beragam. Kisarannya berada di angka Rp. 5 juta untuk formasi 4 angka disertai huruf, hingga Rp. 20 juta untuk 1 angka tanpa huruf.

Berdasarkan tarifnya, plat nomor cantik dibagi menjadi empat golongan meliputi satu, dua, tiga serta empat angka. Adapun hal tersebut dikategorikan lagi menjadi dua yakni menambah kode hurut atau tidak. Setiap kategori yang dipilih nantinya akan memberikan perbedaan biaya secara signifikan.

Plat Nomor Cantik Satu Angka

Paling mahal di antara yang lain adalah plat nomor satu angka. Mengapa begitu? Ya, tak jarang kita temui plat nomor jenis ini digunakan oleh berbagai pejabat negara termasuk presiden, wakil presiden hingga kepala DPRD.

Namun tak heran, masyarakat juga ingin tampil mewah dengan mengaplikasikan plat nomor satu angka. Harganya terbilang fantastis yakni Rp. 20 juta tanpa huruf dan Rp. 15 juta apabila ada tambahan huruf.

Plat Nomor Cantik Kombinasi

Untuk 2 hingga 4 angka, umumnya plat nomor cantik jenis ini digunakan untuk membuat satu rangkaian kata yang akhirnya bisa dibaca lebih mudah. Misalnya, “M 454 RI” bisa dibaca sebagai “Mas Ari” sebagai identitas pemiliknya. Ya memang, hal ini disengaja untuk memudahkan orang sekitar memahami siapa pemilik mobilnya.

Ada 4 pilihan yang ditawarkan menurut PP Nomor 60 Tahun 2016.

1. NRKB Pilihan untuk 1 (satu) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 20.000.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 15.000.000

2. NRKB Pilihan untuk 2 (dua) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 15.000.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 10.000.000

3. NRKB Pilihan untuk 3 (tiga) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 10.000.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 7.500.000

4. NRKB Pilihan untuk 4 (empat) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank) Rp 7.500.000
b. Ada huruf dibelakang angka Rp 5.000.000

 

(red/oto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here