Jelang Operasi Ketupat 2018 Juni , Kapolres : Kita Siaga dan Waspada Terhadap Aksi Kontigensi

0
218

Laporan : Bernard

Kabiro Natuna

Natuna, Bangsako.com – Kepolisian Republik Indonesia kembali akan melaksanakan Operasi ketupat guna pengamanan hari Raya Idul Fitri. Operasi ketupat itu akan mulai dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 23 juni mendatang.

Pada pelaksanaan Operasi ketupat tersebut, Polri juga melibatkan unsur lainnya diluar kepolisian.

Menjelang pelaksanaan operasi tersebut, Polres Natuna sebagai bagian dari Kepolisian Republik Indonesia telah melaksanakan rapat persiapan yang dihadiri langsung oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, M.Si, dan sejumlah unsur terkait lainnya di Mapolres Natuna, Senin, (04/06/2018).

Kapolres Natuna AKBP. Nugraha Dwi Karyanto, SIK, saat memimpin rapat koordinasi tersebut menyampaikan, meski selama ini kondisi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Natuna dalam keadaan kondusif, namun hendaknya hal itu tidak menjadikan semua pihak terlena, karena ancaman gangguan bisa terjadi kapan saja

“Polres Natuna mengingginkan keselamatan, ketertiban, kelancaran tanpa ada gangguan kamtibmas. Kita sama – sama siaga dan waspada terhadap aksi kontigensi yang tidak bisa kita cegah, tetapi kita harus mengantisipasi jangan sampai terjadi, yakni dengan patroli dan latihan pencegahan,” kata kapolres.

Ini Titik Razia Ketupat 2018

Operasi ketupat sendiri, sebut Kapolres, merupakan upaya Kepolisian dalam mengantisipasi adanya kegiatan kemasyarakatan dalam arus balik dan mudik.

Sementara rakor persiapan dilakukan guna mengecek kesiapan unsur – unsur terkait dalam aktivitas tahunan sehingga aparat penegak hukum dapat melakukan langkah langkah antisipasi yang berkaitan dengan stabilitas negara.

“Yang akan menjadi prioritas kita dalam operasi ketupat antara lain, jaminan keselamatan berlalu lintas, darat, laut dan udara, mengantisipasi adanya peningkatan turncrime, ketahanan pangan menyangkut ketersediaan stok sembako dan harga, keselamatan menyangkut kontigensi diluar kendali,” tambah kapolres.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, M.Si, menyampaikan hal senada dengan apa yang disampaikan oleh Kapolres. Dikatakannya, gangguan bisa saja datang tanpa diduga.

“Oleh karenanya, mari kita sama-sama mendukung kegiatan ini agar semua berjalan lancar, sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam merayakan Idul Fitri,” kata Bupati.

Apel gelar pasukan dalam rangka operasi ketupat seligi 2018 akan dilaksanakan pada Rabu (06/06/2018) lusa di Mapolres Natuna. Adapun yang menjadi titik operasi ketupat 2018 di Natuna antara lain, Pelabuhan Selat Lampa, Binjai, Rumah Ibadah dan Jalan Protokol serta Pemukiman Warga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here